motor cb

Bisnis Motor CB

By Motor Brain

Sejarah produksi sepeda motor CB masuk ke Indonesia pertama kali pada tahun 1971 dengan kode produksi Honda CB 100 K1. Sebelum munculnya varian sepeda motor CB melalui produk Astra Honda Manufacturing (AHM), adalah motor Honda S 90 Z yang mengusung mesin jenis empat tak dengan kapasitas silinder 90cc. pada saat itu komponen Honda 90 Z ini masih mengimpor dari negara jepang melalui PT Federal Motor dalam bentuk Completely Knock Down (CKD).

Produksi Motor CB - Sejarah Produksi Honda Di Indonesia

Pada artikel Motor CB kali ini di situs bisnis motor brain mencoba membahas sekilas sejarah tentang produk honda serta proses produksi motor cb dan berbagai komponen yang di lakukan PT Federal Motor setelah adanya kebijakan pemerintah mengenai lokalisasi peralatan sepeda motor di dalam negeri yang di lakukan oleh anak-anak perusahaan yang di antaranya adalah:

a). Pada tahun 1974 PT Honda Federal di percaya memproduksi komponen peralatan dasar pada sepeda motor seperti roda/ban, rangka knalpot, dan sebagainya.

b). Pada tahun 1979 melalui PT Showa Manufacturing Indonesia di percaya memproduksi sockbreker atau peredam kejut.

c). Pada tahun 1984 khusus untuk mesin di produksi oleh PT Honda Astra Engine Manufacture

d). Pada tahun 1990 yang memproduksi Piston dan ring piston adalah PT Federal Izumi manufacturing.

Produksi Motor CB – Pabrik Motor Honda Terbesar Di Asean

Dan setelah itu pada tahun 2000 semua perusahaan ini di pimpin langsung oleh PT Astra Honda Motor. Dengan kepemilikan saham sebesar 50% oleh PT Astra International Tbk sedangkan 50% lagi di pegang oleh Honda Motor Co. Dari japan.

AHM Memiliki 3 Pabrik Untuk Melakukan Proses Perakitan 

  1. Yang berletak di Sunter Jakarta Utara yang merupakan pabrik pertama dengan status sebagai kantor pusat,
  2. Yang berlokasi di daerah kelapa gading pegangsaan dua sebagai pabrik ke dua
  3. Serta pabrik ke tiga yang bertempat di daerah MM2100 Cikarang, Jawa Barat. Merupakan pabrik terbaru untuk perakitan yang baru beroperasi produksi sekitar tahun 2005.

Di tingkat ASEAN pada tahun 2007 Pabrik AHM merupakan pabrik pertama terbesar yang berproduksi di indonesia, Dan masuk peringkat tiga dunia untuk kategori pabrik sepeda motor honda terbesar setelah negara cina dan negara india.

Sejarah Produksi Motor CB

Produsen Honda mengeluarkan banyak varian produksi Motor CB. Jenis-jenis motor CB yang di produksi antara lain, Motor CB 100cc, Motor CB 125 cc, Motor CB 175cc, dan Motor CB 200cc. Khusus untuk motor honda CB 125cc, dan hoda CB 175cc, serta CB 200cc, di produksi juga dengan menggunakan dua silinder.

Namun khusus di negara indonesia produksi sepeda motor CB 100 dan sepeda motor honda CB125 menjadi motor yang terfavorit dengan silinder tunggalnya. Semua ini karena dari segi perawatan yang sangat mudah dan sangat fleksibel jika di lakukan modifikasi, serta faktor harganya yang sangat murah.

Honda CB 100 K1 masuk ke indonesia pada tahun 1971 dan pada tahun 1972 Honda CB 100 K2 pun menyusul. Dan dalam kurun waktu tahun 1971 sampai tahun1981 yaitu hanya dengan sepuluh tahun berjalan produksi motor CB ini mampu menjual hingga 600 ribu unit di indonesia, dan hal ini merupakan total penjualan yang cukup fantastis di saat itu. 

Produksi Motor CB 

Pada Tahun 1959

Produsen honda mulai melakukan produksi Motor CB 72 Hawk yang berkapasitas mesin 250cc dengan mempergunakan sistem transmisi 4 percepatan.

Pada Tahun 1961

Kembali lagi honda mengeluarkan jenis sepeda Motor CB 77 Super Hawk yang berkapasitas mesin 305cc.

Pada Tahun 1965

Honda lagi-lagi mencoba produksi motor CB TWIN 450cc yang di juluki Black Bomber, sepeda motor ini mampu berkitir hingga 104 mph. Dengan mengusung mesin yang berkapasitas 445cc, berpendinginan air cooled, memakai klep/katup berjumlah empat buah, model mesin paralel twin, berpenggerak rantai dan mengaplikasi persneling empat percepatan, suspensi yang di usungpun mengaplikasi model teleskopik untuk depan serta model twin shock untuk belakang, sasis model steel twin craddle, rem depan memakai tromol demikan juga pada rem belakang masih menggunakan model tromol, namun mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 8500 rpm dengan kapasitas power mencapai 43HP.

Pada Tahun 1968

Pengembangan produksi sepeda Motor CB 72 serta Honda CB 77 di hentikan dan di gantikan dengan produksi terbaru nya saat itu yakni Honda CB 350 dan Honda CB 250 yang pada kemampuannya mesin ini bisa meraung hingga mencapai 106 Mph.

Pada Tahun 1969 

Honda kembali menelurkan Motor CB yang mampu merubah sejarah dengan lahirnya Honda CB 750 yang mampu melegenda hingga saat ini. Honda CB 750 ini mampu memproduksi hingga ratusan ribu unit hingga ke negara amerika dan beberapa bagian negara di dunia lainnya.

Pada Tahun 1970

Lahir produksi motor cb yang berjenis super sport dengan nama Honda CB 100 K-0. Sepeda motor jenis ini muncul denga beberapa varian warna diantaranya adalah Candy Ruby Red, Candy Gold, Candy Blue Green. Yang mempunyai tutup shock depan ,tutup shock depan pada bagian ats serta batok lampu semua itu memiliki warna yang sama dengan warna pada tangki bensin.

Sedangkan pada fendernya berwarna chroom, produk si Motor CB ini berkapasitas mesin 99cc dengan satu silinder, mengaplikasi sistem OHC dan 5 persneling dengan no serial number produksi yaitu CB100-10001 mesin ini sungguh luar biasa dan handal yang mampu bekerja pada beban yang sangat berat dengan kecepatan tinggi sekalipun.  

Pada Tahun 1971

Honda kembali meluncurkan produk baru yaitu produksi Motor CB 500. Dan juga mengeluarkan varian yang agak kecil yaitu Honda Motor CB 350. Serta melakukan produksi pada produk motor CB 100 K-1 super sport berkategori klasik ini pun mengalami beberapa perubahan dengan beberapa warna pilihan yaitu warna Candy Ruby Red, warna Crystal Blue Metalic, dan warna Candy Gold.

Pada produk sepeda motor CB 100 K-1 pada tangki bensin yang berkapasitas sepuluh liter ini mempunyai warna yang pada separuh bagian dari tengah ke bawah berwarna putih, spakbor depan dan belakang memakai warna chroom, rem belakang dan depan mengusung model Expanding Brake, ban depan berdiameter 2-50-18 serta ban belakang ukuran 2.75-18.

Pada bagian mesin Honda CB 100 K-1 ini mengusung lima tingkat percepatan, denagan penggerak roda memakai rantai, sistem pendingin udara, tipe mesin 4 silinder, dengan kompresi mesin 9.5:1, bore 50.5 serta stroke 49.5mm. Honda CB 100 K-1 ini mampu melaju pada kecepatan 110.0 Km/h atau 68.4 Mph.

Pada Tahun 1972

Honda kembali melakukan produksi motor cb 100 K-2 yang di negara indonesia terkenal dengan nama Motor CB gelatik hadir dengan mengalami sedikit perubahan dari CB 100 K-1.

Beberapa perubahan itu antara lain, pada variasi warna dengan putih yang di kombinasikan dengan warna light scarlet red, serta warna putih berkombinasi warna Aquarius blue. Dan juga perubahan lainnya yang mencolok adalah pada tangki bensin bagian sisinya di kombinasikan dengan warna merah atau biru dan pada bagian bawahnya berwarna hitam.

Pada Tahun 1973

Kembali honda memproduksi Jenis yang lebih kecil lagi yaitu Honda CB 50 yang mengusung mesin posisi horisontal dengan 5 persneling.

Pada Tahun 1975

Honda melakukan produksi motor cb yaitu jenis sepeda motor berbasis street fighter yaitu Honda Motor CB 400 yang mengaplikasikan empat buah knalpot pada sisi kanan, namun di jadikan satu dari lobang exaust hingga pada pertengahan knalpot, dan dari tengah hingga belakang knalpot tetap menggunakan satu knalpot.

Pada Tahun 1976

Kembali Produsen Honda membuat perubahan pada mesin 750, dan di namakan sebagai Motor CB 750A.

Pada Tahun 1979

Honda membuat sensasi dengan meluncurkan hasil produksi Motor CB yang sangat inovatif yang berbasis super motor sport dengan mengusung enam buah silinder bervolume mesin 1047cc, sepeda motor CB ini di beri nama Honda CBX. Setelah kelahiran motor honda CBX ini masih banyak sekali varian jenis CB lainnya yang bermunculan dan kejayaan Motor CB ini hingga sekarang masih tetap ada.

===========================> Lanjutan Sejarah Motor CB 

Semoga sejarah produksi [link:60]bisnis motor CB ini bisa berguna bagi anda, mohon maaf jika ada kesalahan entah dalam segi pengetikan maupun pada segi sejarahnya sendiri, saya tunggu kritik dan saran agar dapat memperbaiki artikel bisnis motor cb ini. 

Salam Otomotif

    "Motor Brain"
Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.



Copyright 2011 bisnismotor.com
bisnismotor.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap