modifikasi satria fu

Panduan Modifikasi Satria FU

By : Motor Brain

Artikel bisnis motor ini membahas khusus tentang panduan modifikasi satria fu atau apapun jenis motornya merupakan suatu cerita yang sungguh menarik, terutama bagi beberapa orang yang fanatik terhadap suatu jenis modifikasi, tidak perduli sepeda motor jenis apapun itu tetap saja merupakan sesuatu yang mampu menimbulkan rasa kepuasan tersendiri.

Begitu banyaknya aliran modifikasi yang ada sehingga membuat hampir tak ada habis cerita tentang sepeda motor dan modifikasi.

Dan untuk kali ini saya akan mencoba membahas sepeda motor suzuki satria fu yang merupakan sepeda motor jenis bebek sport yang sangat di gandrungi oleh sebagian masyarakat terutama di kalangan anak muda. Bahasan situs bisnis motor kali ini akan mengungkap akan seperti apa jika modifikasi satria fu di lakukan, serta apa saja kelebihan serta kekurangan pada sepeda motor jenis bebek sport ini.

Sebenarnya jika dilihat dari spesifikasi standar pabrik nya saja, suzuki satria fu ini sudah terlihat tanpa cela, kesempurnaan bentuk bodi hingga garangnya mesin membuat sepeda motor ini terlihat begitu sempurna. Namun bagi kalangan tertentu hal seperti  ini masih saja terasa kurang dahsyat di mata mereka sehingga modifikasi pun jadi alternatifnya. Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang satria fu ini ada baiknya kita simak dulu seperti apa spesifikasi dari standar pabriknya.

Spesifikasi Sistem Standar Pabrik Satria FU

Spesifikasi Mesin :

-          Tipe mesin empat tak model DOHC dengan mengaplikasi sistem empat buah klep yang ukurannya lumayan besar yaitu dua buah klep in dan dua buah klep ex, serta memiliki satu silinder dengan diameter gede yakni 62 mm.

Kapasitas isi silinder 147.3 cm3, serta langkah piston 48,8 m, memiliki perbandingan kompresi yang cukup besar yaitu 10.2:1 dengan daya maksimum 16.0 ps pada 9500 rpm, serta torsi maksimum 1.27 kgm/8500 rpm.

Memiliki karburator jenis Mikuni BS 26-187 dan saringan udara berjenis kertas, sistem pelumasan menggunakan perendaman oli, dan pada sistem starter menggunakan engkol kaki dan starter elektrik.

Spesifikasi Sistem Dimensi :

-          Memiliki panjang keseluruhan 1.940 mm, dengan lebar 652 mm, mempunyai tinggi 941 mm, dan jarak antara sa roda depan dan belakang yaitu 1.280 mm, dengan jarak mesin ke tanah sampai 140 mm, tinggi tempat duduk 764 mm, serta memiliki berat kosong 95kg.

Spesifikasi Sistem Rangka :

-          Suspensi depan menggunakan sistem teleskopik dengan pegas spiral serta bantalan oli, sedangkan pada suspensi belakang menggunakan lengan ayun dengan pegas spiral dan bantalan oli. Pada radius putar hingga 2.0 m, dengan sudut setir 45 derajat pada kanan dan kiri, pada sistem rem depan menggunakan cakram begitu juga pada rem belakang, ukuran roda belakang mengunakan 80/90-17 44s dan pada bagian depan memakai ban ukuran 70/90-17 38s. Kapasitas tangki bahan bakar mampu menampung 4.9 liter.

Spesifikasi Sistem Transmisi

-          Transmisi sepeda motor satria fu menggunakan model manual plat banyak yang bertipe basah/ perendaman oli, serta menggunakan 6 tingkat percepatan (6 speed constant mesh, dengan arah perpindahan persnelingnya 1 kebawah dan 2, 3, 4, 5, 6 pada posisi atas. Dan menggunakan rantai penggerak merk DID 428 DS yang bermata 122, oli mesin berkapasitas 1.000 ml dengan penggantian saringan oli 1.100 ml.

Spesifikasi Sistem Pengapian

-          Menggunakan pengapian sistem CDI DC yang di bantu oleh accu 12 volt 2.5 ah 10 hr. Mengaplikasi busi merek NGK CR8E atau bisa dengan Denso U24ESR-N.

Panduan Modifikasi Satria FU

Sedikit perubahan sederhana dengan bisnis plan dalam melakukan modifikasi satria fu sudah mampu membuat motor suzuki ini tampil keren.

Beberapa kiat sederhana itu antara lain dengan mengganti setang setir model racing atau dengan memakai setang milik suzuki Rider (thailand) yang berbentuk agak pendek membuat tampilan seperti motor balap hingga satria fu akan agak kelihatan merunduk.

Atau juga bisa mengaplikasi setang adjustable atau juga dari merek posh yang keren. pada grip gas kita bisa menggunakan merk magura ataupun daytona ataupun merek orisinil dari yamaha TZM.

Modifikasi Satria FU - Kaki - Kaki

 bisnis motor Modifikasi satria fu di lanjutkan dengan merubah kaki-kaki bisa memakai pelek alumunium dengan sistem jeruji karena model ini sangat enteng dan mudah perawatannya. Pada sobreker belakang bisa menggunakan produk dari YSS atau Kitaco maupun KTC serta masih banyak model lainnya yang kesemuanya itu tergantung dana anda.

Pada tromol depan dan belakang mengaplikasi punya kawasaki Ninja yang gagah dan kekar.

Sumbu roda bisa kita perpanjang namun butuh perhatian ekstra bisa kita bawa ke tempat las dan minta untuk menyambung arm pada bagian belakang tepatnya pada depan lubang setelan roda, dengan menambahkan pelat sekitar 3 cm akan membuat sepeda motor terlihat panjang.

Untuk mempercantik tampilan bodi bisa kita gunakan cutting stiker satria fu thailand, yaitu stiker milik suzuki rider, pemakaian stiker lebih baik ketimbang cat airbrush yang suatu saat jika kita bosan stiker bisa kita ganti namun airbrush harus melakukan pengectan ulang.

Modifikasi Satria FU - Assesories

Selanjutnya kita mengaplikasi beberapa aksesoris racing lainnya seperti foot step underbone dari merek NUI racing, merk Yoshimura, dan merek pro atau merek lainnya, penggantian foot step racing akan menghasilkan menggesernya posisi kaki agak ke belakang sehingga kenyamanan saat berkendara terutama pada saat kecepatan tinggi dan saat melakukan aksi belokan yang menantang.

Namun modifikasi satria fu pada perubahan posisi step ini akan berpengaruh pada kesulitan jika si rider belum terbiasa hal ini akan memakan waktu dan butuh penyesuaian untuk menghasilkan kenyamanan bagi pemula. Namun bagi yang tidak terlalu menyukai jangan di pasang karena akan menyesal.

Modifikasi Satria FU - Mesin

Dengan tekhnologi DOHC yang di miliki suzuki satria fu membuat sepeda motor jenis bebek sport ini memiliki angka penjualan yang sangat tinggi semua tak lepas dari spesifikasi yang dimiliki jenis bebek sport ini.

Beberapa jurus sederhana yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan satria fu ini dengan melakukan beberapa manuver modifikasi pada mesin.

Modifikasi Satria FU - Karburator NSR

Modifikasi satria fu juga dapat kita rubah dengan mengganti karburatornya dengan karburator ninja, juga sangat cocok dengan karburator NSR SP dengan kode PE 28, ataupun NSR RR.

Untuk mengimbangi mulut karburator yang gede otomatis filter udara satria fu sudah tidak bisa di pakai lagi dan solusinya kita bisa memakai filter udara dari produk K&N atau TDR ataupun juga produk racing lainnya yang banyak di pasaran. Tujuan tetap memakai filter yaitu agar kotoran tidak bisa masuk ke ruang bakar yang berakibat cepat rusaknya mesin.

Untuk itu penyesuaian spuyer harus dilakukan agar menghasilkan debit bahan bakar yang sempurna, Ukuran spuyer bisa pas pada kombinasi pilot jet 38, 40 atau 42 dan main jet ukuran 110, 115, dan 120 Seandainya meleset pasti tak jauh dari angka ini.

Modifikasi Satria FU - Karburator RX King

Pada karburator standar satria fu memakai jenis vakum, yaitu Mikuni BS 26 mm. Yang pada kenyataannya sangat lelet untuk di ajak berakselerasi makanya jarang sekali mekanik yang mau mengaplikasi karburator asli satria fu.

Namun jika ingin mengaplikasi karburator dengan diameter yang sama kita bisa mengandalkan karburator mikuni 26 mm milik yamaha RX King, untuk kondisi mesin standar bawaan pabrik akan cocok dengan perbandingan spuyer ukuran 22,5 untuk pilot jet dan mainjet ukuran 150.

Modifikasi Satria FU - Klep

Modifikasi satria fu Pada bagian klep kita masih bisa mengandalkan bawaan asli satria fu saja sudah cukup mumpuni jika hanya untuk pemakaian harian, pada dasarnya diameter klep ini sudah lumayan besar, dan hanya tinggal bagaimana kita bisa mengakalinya saja, salah satunya dengan penambahan pada bagian per klep di ganjal dengan ring setebal 2 m yang berfungsi untuk mempercepat buka tutup klep nantinya, dan untuk ukuran penyetelan klep bisa dengan ukuran klep in 0.20 mm dan klep ex 0.30 mm.

Jika masih terasa kurang kita bisa menggantinya dari merek lainnya yaitu klep suzuki thunder yang memiliki diameter klep in 25 mm dan klep ex berdiameter 23 mm.

Modifikasi Satria FU - Pengapian

Pada sistem pengapian untuk CDI bisa kita mengandalkan merek impor yaitu merek CDI LEK  2 band produk thailand, produk ini terkenal ganas membakar bensin. Walaupun kurva pengapian LEK hanya menggunakan single map namun sangat cocok di gunakan untuk model satria fu. Bisa juga memakai CDI merek BRT 1-Max serat aplikasi koil yamaha YZ 125, selain itu ada CDI REXTOR programable yang bisa diseting waktu pengapiannya.

Selain itu kita bisa merubah dudukan pick up koil pada daerah maghnet, dengan cara melebarkan baut pegangan pulser hingga dapat menggeser posisi pick up koil tersebut.

Modifikasi Satria FU - Bore UP

Beberapa kiat bisnis motor modifikasi satria fu lain yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan mesin dengan cara melakukan penggantian piston dengan yang lebih besar, cara ini di kenal dengan nama “Bore Up”. Kita bisa mengaplikasi piston dari yamaha Scorpio yang memiliki diameter 72 mm jika di bandingkan dngan standar asli satria fu yang hanya 62 mm.

Modifikasi Satria FU - Kop Silinder

Setelah melakukan proses Bore UP piston otomatis bagian pada kubah kop silinder harus di tata ulang dengan memapas dasaran kop silinder sekitar 0.5 mm hingga 1 mm. Setelah itu kop pun harus di atur mengikuti kontur diameter piston tersebut.

Pada modifikasi satria fu pada daerah ini, Squish band pun harus di sesuaikan di buat sekitar 12 hingga 15 derajat, namun hal ini pun tergantung pemakaian seperti apa penggunaan motor ini nanti. Karena perubahan semi radikal ini membuat mesin harus memakai bahan bakar yang beroktan tinggi seperti bensin pertamax plus ataupun bensin super tt.

Modifikasi Satria FU - Cam Shaft

Kem atau Camshaft juga harus kita ganti dengan merek Daytona, BRT, HRP, ataupun merek NMF. Pada modifikasi satria fu ini Kita bisa memilih kem yang berapa derajat yang sesuai dengan kebutuhan mulai dari 270 derajat dan 280 derajat serta 290 derajat ataupun beberapa derajat lainnya karena pemilihan derajat kem tergantung riset mesin yang akan di capai. Untuk shim bisa mempergunakan 0.20 untuk posisi in sedangkan 0.30 pada ex nya.

Modifikasi Satria FU – Kopling

Pada bagian kopling kita bisa mengakali dengan penggantian kampas kopling milik satria fu dengan milik suzuki TS-125 yang mana kampas kepunyaan suzuki TS-125 ini lebih kuat , dan dari asalnya pembuatan kampas kopling TS-125 ini di peruntukan untuk mesin dua tak yang notabene membutuhkan dekapan yang lebih keras serta akselerasi atau hentakan yang melebihi jenis empat tak yang di anut satria fu.

Walaupun detail ketebalannya sama yakni berukuran 3 mm serta memiliki lebar yang juga sama persis yaitu 9 mm. Sehingga dalam pemasangannya tidak perlu melakukan modifikasi sama sekali jadi tinggal pasang.

Selain kampas kopling milik suzuki TS-125, kampas kopling lain yang cocok untuk modifikasi satria fu ini bisa mengkanibal dari kampas kopling suzuki RGR orisinil japan.

Sedangkan untuk bagian per kopling bisa kita akali dengan mengganjal memakai ring pada kepala babi cakram yang berbentuk kuningan karena ring ini pas saat di pasang, gunanya untuk menambah daya gigit kampas kopling. Atau juga bisa dengan mengganti kampas kopling serta per kopling dengan versi racing seperti merek Daytona, BRT, atau lainnya.

Modifikasi Satria FU – Lubang In dan Ex

Tekhnik modifikasi satria fu Pada lubang isap perlu direamer sekitar 0.5 mm hingga 1 mm sudah cukup, jika reameran hingga 1 mm keatas akan mengalami masalah yaitu harus di imbangi dengan kapasitas lainnya yang membutukan perubahan lebih extrem lagi.

Kemudian pada lubang buangnya di perbesar terutama pada bagian lubang yang mengarah pada klep ex, dan jika selesai me reamer akan membentuk pola tirus, setelah itu saat penghalusan pun tidak bisa sembarangan harus sesuai dengan trek atau aktifitas pemakaian.

Untuk kebutuhan harian yang di pergunakan di jalan yang ber-trek pendek serta macet ada baiknya saat penghalusan jangan terlalu halus kalau bisa agak kasar hal ini akan berakibat pada sistem pangabutan bahan bakar.

Pengertiannya begini, jika saluran bahan bakar kasar dan pemakaian mesin pada jalanan macet atau seperti arena cross yang membutuhkan buka tutup gas maka jalur kasar tersebut mampu menyimpan sedikit sisa-sisa pengabutan yang tidak terbakar, sehingga mesin tidak mudah ngempos dan putaran mesin akan bisa konstan. Karena di bantu oleh sisa-sisa bensin yang melekat pada lubang kasar tersebut.

Namun jika jalur terlalu halus dan pemakaian untuk jarak pendek yang membutuhkan buka tutup gas, maka mesin akan kehabisan napas atau kekeringan. Hal ini khusus bagi yang profesional yang bisa merasakan akibat ini, kalau hanya untuk mekanik pemula akan sulit merasakan efek dari model reameran seperti itu.

Modifikasi Satria FU - Knalpot

Dalam melakukan modifikasi satria fu dengan mengganti beberapa part pendukung seperti mengganti knlpot standarnya dengan model free flow, atau after market lainnya seperti produk yoshimura, DBS, ataupun kawahara.

Untuk urusan knalpot kita bisa membungkusnya dengan bahan serat asbes, yang biasanya di pakai untuk mobil, bahan ini biasanya di jual berbentuk rol-rolan dan kita bisa mendapatkannya di toko asesoris mobil. Untuk cara penggunaanna hanya dengan melilitkannya pada knalpot asal jangan terlalu tebal, dan pada akhir bungkusan bisa di ikat dengan kawat agar tidak mudah terlepas.  

Pemakaian bahan asbes ini berfungsi untuk tetap menahan panas yang sangat di perlukan saat proses pembakaran. Terutama di bagian mulut knalpot yang sebenarnya sangat membutuhkan panas yang berlebih. Dengan membungkus knalpot seperti ini pengarus terbesar yang dapat di rasakan yaitu pada putaran tinggi.

Semoga apa yang motor brain tulis mengenai tips panduan modifikasi satria fu ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Terima kasih telah membaca artikel bisnis motor brain, kritik dan saran serta pertanyaan bisa anda posting dengan sopan di bawah ini.

Salam Otomotif

    “Motor Brain”
Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.



Copyright 2011 bisnismotor.com
bisnismotor.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap