modifikasi motor yamaha

Panduan Modifikasi Motor Yamaha

By : Motor Brain

Dalam melakukan modifikasi motor yamaha atau modifikasi jenis motor apapun itu semuanya tidak ada yang namanya rumus baku untuk jadi panduan modifikasi karena dalam melakukan modifikasi motor semua itu tergantung pada selera dan keinginan.

Namun pada artikel panduan modifiasi motor yamaha ini saya mencoba memisahkan jenis modifikasi motor dari setiap produk merek sepeda motor yang ada. beberapa panduan berikut hanya merupakan sedikit masukan bagi anda yang berniat melakukan modifikasi pada sepeda motor yamaha anda.

Pada dasarnya dalam melakukan modifikasi motor yamaha semua sama saja, yang membuat kita bingung biasanya adalah apa yang pertama harus kita lakukan dalam melakukan modifikasi, dan juga seperti apa spare part penggantinya nanti dari jenis motor apa saja, atau dari merek variasi dan aftermarket apa saja, dan gak lupa seberapa besar dana yang harus di persiapkan.

Sebuah Ide Modifikasi Untuk Yamaha

Namun bagaimana jika para modifikator dalam melakukan modifikasinya mereka harus memakai part modifikasi dari jenis merek produk yang sama, entah itu dari jenis bebek yamaha memakai part punya sport yamaha atau jenis matic yamaha atau juga sebaliknya. Dengan harapan walaupun hasil modifikasi namun tetap masih menjadi motor asli yamaha.

Tapi kalau di pikir-pikir seru juga melakukan modifikasi seperti ini, atau pihak yamaha sendiri harus membuat ide lomba modifikasi special part yamaha. Memang benar dari dulu juga sudah ada yang namanya event bertajuk lomba modifikasi yamaha namun kan spare part yang di pakai modifikasi itu asal campur aduk dari part motor manapun, jadi sepintas sudah sangat umum tapi yang belum saya ketahui jika lomba modifikasi motor yang di adakan berdasarkan spare part yang di ganti, maksudnya dari spare part yamaha itu sendiri entah dari jenis sepeda motor bebek maupun sport, dari jenis dua tak maupun 4tak, asalkan tetap mempergunakan spare part dari produk asli yamaha. namun lomba modifikasi seperti ini sudah ada apa belum saya sendiri belum mengetahuinya. Semoga pihak yamaha membaca tulisanku ini dan mau memikirkannya hehehee.....

Salah satu modifikasi motor yamaha yang lagi populer untuk saat ini adalah modifikasi motor yamaha mio, selain ngetrend yamaha mio merupakan salah satu produk unggulan yang sampai saat ini paling banyak di minati oleh masyarakat dan terutama pada kalangan anak muda, dan juga untuk ibu rumah tangga. Dari segi model yang modern dan sangat gampang dikendarai juga merupakan sepeda motor jenis matic yang harga nya termasuk murah sehingga dapat di miliki oleh semua lapisan masyarakat hingga pada masyarakat golongan bawah pun mampu membelinya.

Beberapa model modifikasi motor mio yang bisa di jadikan acuan  antara lain adalah :

Modifikasi motor yamaha model low rider, Modifikasi motor yamaha ala streetfighter, Modifikasi motor yamaha  model ATV, Modifikasi motor yamaha  model trail, Modifikasi motor yamaha  model road race, Modifikasi motor yamaha model drag bike, Modifikasi motor yamaha model moto gp, Modifikasi motor yamaha model ceper, Modifikasi motor yamaha model harian, Modifikasi motor yamaha model classic. Namun kali ini kita akan membahas sala satu model ini saja yaitu model low rider.

Modifikasi Motor Yamaha Mio Model Low Rider :

Salah satu jenis modifikasi yang bisa di terapkan pada motor yamaha mio adalah model low rider yang pada dasarnya terlihat agak lebih memanjang dan terlihat agak gemuk. Untuk itu awal perubahan yang bisa di lakukan dengan mengganti kaki-kaki terutama bagian pelek yang di buat lebih lebar dan di imbangi dengan pemakaian ban yang lebih besar pula.

Pelek belakang bisa mengaplikasi ukuran 14 inchi serta  lebar 7,5 inchi serta di kolaborasi menggunakan ban ukuran 180-60/14, ukuran ban segini sudah cukup besar bayangkan hampir seukuran ban mobil, dan untuk mengimbangi roda belakang yang tambun, pelek bagian depan bisa kita aplikasi dengan pelek ukuran 5 inchi yang juga cukup lebar serta di kawinkan enggunakan ban ukuran 140-60/14. Hanya dari penggantian ban depan dan belakang saja tampilan motor yamaha mio ini udah sangat gagah.

Agar sistem roda gede ini bisa di pasang dan pas kita harus menambah braket untuk memolorkan bodi ke belakang yang bisa di mundurkan sekitar 15 cm, 20 cm, atau pun 25 cm. Bisa dengan membuat sendri ataupun mencarinya di toko assesories sesuai kebutuhan. dan juga agar modifikasi motor yamaha mio ini akan terlihat lebih panjang dan kekar. Pada Shockbreker belakang bisa mengandalkan produk YSS, ataupun produk LHK, sedangkan pada bagian depan bisa mengaplikasi shockbreker asli yang di kondom serta dudukan komstir nya di rubah agak melebar supaya lebih terlihat serasi.

Pada bagian batok lampu bisa kita trondolin semua dan di biarin telanjang dan di padu dengan Setang setir model low rider bisa mengaplikasi buatan thailand yang banyak sekali ukuran dan modelnya, dan tidak ketinggalan pada grip gas bisa kita percantik dengan banyaknya pilihan seperti produk magura, daytona atau lainnya.

Dan juga untuk menambah modifikasi motor yamaha ini tambah keren bisa kita ganti kabel rem cakram depan dengan merek variasi lainnya, serta spion bisa memilih model stenlis yang bulat, pada cover CVT bisa di ganti model variasi yang sudah di chroom.

Bagian jok tidak luput dari sasaran modifikasi, busa pada jok bisa kita rubah dan buat model pembatas antara joki dan yang membonceng, model seperti sangat mantap untuk tampilan modifikasi motor yamaha mio low rider. Untuk ini kita bisa meminta bantuan tukang jok ahli, untuk bahan joknya minta yang bagus agar akan menghasilkan tampilan yang keren serta tidak terkesan murahan.

Untuk selanjutnya bisa di tambah dengan pemasangan perangkat rem belakang dengan menggunakan sistem cakram, dengan mengaplikasi cakram depan bawaan mio di pasang untuk belakang, sedangkan depan bisa mencari pengganti yang lebih lebar misal ukuran 26 cm atau ukuran lainnya tergantung selera. dengan beberapa modifikasi seperti ini kita bisa mendapatkan kesan motor Low Rider yang menjadi idaman.

Modifikasi Motor Yamaha Mio Mesin Korek Harian

Body sudah ok, namun jika mesin masih tetap standar pabrik kayaknya belum lengkap, dari itu untuk menyesuaikannya kita bisa sedikit merubah kekuatan mesin agar lebih keras untuk membantu tarikan modifikasi motor yamaha mio ini. Karena efek dari perubahan bodi dengan ban besar ini secara tidak langsung akan mempengaruhi pada tarikan mesin awal menjadi berat.

Untuk itu kita bisa menambah kapasitas mesin dari standarnya 110 cc menjadi sekitar 150 cc, dengan mengganti piston ukuran lebih gede. Piston yamaha mio yang berukuran 110 c  di ganti dengan mengaplikasi piston dari motor sonic yang berukuran 58 mm. Untuk sistem pengabutan bisa kita akai karburator jeting pro atau punya honda nsr, ataupun kawasaki ninja.

Pada lubang-lubang in dan ex gak perlu terlalu ekstrem dalam membesarkannya, cukup 0.5 mm saja hingga 1 mm dan dialukan gak perlu licin dan mengkilap. Dan urusan knalpot ada baiknya made in dewek saja alias buat sendiri, karena kan harus mengikuti kontur perubahan pada bodi yang telah berubah dan bisa kita pesan pada ahli knalpot yang telah berpengalaman. 

Pada bagian klep bisa kita pakai klep milik honda sonic juga sehingga antara piston dan klep bisa cocok dan tidak memerlukan perubahan yang berarti. Untuk pengapian bisa kita tetap mengandalkan orisinil yamaha mio saja karena dari segi penggunaan untuk jalan raya saya rasa sudah cukup dan juga agar tidak mubazir. dan yang terakhir kita bisa mengaplikasi puli dari milik yamaha fino yang lebih besar dari standar punya mio.

Semoga artikel tentang modifikasi motor yamaha ini dapat bermanfaat, kritik, saran dan pertanyaan boleh anda posting tapi yang sopan yaaa...

Salam Otomotif

    “Motor Brain”
Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.



Copyright 2011 bisnismotor.com
bisnismotor.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap